BIOLOGI DASAR SEMUT



Jika Anda benar-benar baru ke dunia semut, maka artikel ini akan memperkenalkan Anda kepada dasar-dasar biologi semut. Segala sesuatu yang Anda perlu tahu tentang biologi semut sebelum Anda mulai menjaga semut akan dijelaskan. Ada banyak literatur yang tersedia tentang semut dan karena itu artikel ini hanya akan menjelaskan biologi semut singkatnya. Itu tidak hampir terdiri segala sesuatu tentang semut, tapi memberikan ringkasan keseluruhan, mempersiapkan Anda untuk menjaga atau memelihara semut. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang semut, ada beberapa buku yang sangat bagus tentang semut. Anda mungkin ingin memeriksa buku-buku dari myrmecologists Wilson dan Hölldobler.

pengantar
Semut (nama ilmiah: Formicidae) adalah keluarga eusocial ( 'real sosial') serangga, membentuk koloni ukuran bervariasi dari beberapa lusin untuk beberapa juta orang per koloni. Karakter sosial semut adalah berbagi tugas yang membuat mereka begitu sukses sebagai sebuah keluarga. Sebuah koloni terdiri dari satu atau beberapa ratu (gynes) dan pekerja, yang semuanya keturunan dari ratu (s). Ada lebih dari 12.000 spesies semut yang dikenal. Semua spesies berbeda sangat dalam ukuran, warna dan perilaku, menyediakan sumber yang tak terbatas sukacita untuk kiper semut. Semut telah berevolusi dari tawon dan milik urutan yang sama seperti tawon dan lebah, Hymenoptera tersebut.

Taksonomi
Taksonomi adalah praktek mengidentifikasi, mengklasifikasi dan penamaan organisme. Semua organisme dibagi dalam beberapa lapisan kelompok. Misalnya, semut milik keluarga Formicidae dan urutan Hymenoptera. Tawon dan lebah milik urutan yang sama seperti semut, tetapi tidak untuk keluarga yang sama. Setiap kelompok yang disebut takson. Sebuah taksonomi sederhana semut adalah:

Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Order: Hymenoptera
Keluarga: Formicidae

Ada lebih lapisan taxons, seperti subordo atau superfamili, taruhan mari kita tetap sederhana. Sekarang kita tahu bagaimana mengklasifikasikan semut. Tapi ada lebih dari 12.000 spesies semut yang dikenal. Jadi bagaimana kita mengklasifikasikan setiap spesies tunggal? Kami kelompok mereka ke dalam genus (tunggal: 'genus)'. Dan dalam genera, ada spesies. Jika kita ingin nama spesies secara ilmiah, kita menggunakan nomenklatur binomial. Ini berarti bahwa kedua genus dan spesies akan ditulis. genus harus dikapitalisasi, tetapi spesies tidak seharusnya. Keduanya harus kursif. Jadi, misalnya, kita memiliki spesies niger Lasius. niger Lasius adalah spesies yang termasuk dalam genus Lasius, seperti Lasius flavus dan Lasius emarginatus. Tapi fusca spesies Formica adalah dari genus lain.

Morfologi
Seperti semua serangga, semut memiliki enam kaki dan tubuh mereka terdiri dari kepala, dada (alitrunk) dan perut (gaster). Semut memiliki simpul antara alitrunk dan gaster, disebut tangkai daun. Sebagai hewan invertebrata, mereka memiliki exoskeleton. kepala berisi mata majemuk, antena, dan rahang. Antena sangat penting untuk komunikasi melalui bahan kimia (feromon). Semut memiliki beberapa kelenjar di seluruh tubuh mereka yang mereka gunakan untuk menghasilkan feromon. Wanita dan pria telah mengembangkan sayap di alitrunk mereka, yang mereka gunakan untuk terbang dan kawin di langit (lebih lanjut tentang itu nanti). Dalam ilustrasi di bawah ini Anda dapat melihat deskripsi rumit morfologi semut.

morfologi semut

Ant morfologi - Ilustrasi oleh Mariana Ruiz
Reproduksi
Semut tidak mereproduksi secara individual, melainkan sebagai koloni: koloni adalah unit bereproduksi. Para pekerja tidak pernah memiliki keturunan, tapi dengan membantu ibu mereka, ratu, mereka mampu menyebarkan gen mereka. Namun, koloni harus menghasilkan betina bersayap dan laki-laki (laron) untuk telah direproduksi berhasil. Sebuah koloni yang mati sebelum itu telah mampu menghasilkan laron, telah gagal untuk mereproduksi, bahkan jika itu telah menghasilkan pekerja.

Jadi, bagaimana reproduksi semut bekerja? Ada beberapa cara untuk ratu untuk membubarkan, tapi saya hanya akan menjelaskan independen koloni pendirian. Sebuah koloni menghasilkan betina bersayap dan laki-laki, laron. Di suatu tempat di semi atau musim panas, tergantung pada spesies, ketika kondisi cuaca yang optimal, laron akan terbang dalam jumlah besar. Ini disebut penerbangan perkawinan. Mereka akan kawin dengan betina dan jantan dari koloni lain dan sekali dibuahi, betina akan mendarat, menumpahkan sayap mereka en mencari tempat yang baik untuk menggali sarang. laki-laki meninggal.

Perempuan atau gyne sekarang menjadi ratu koloni nya. Dia mulai bertelur. Telur menjadi larva, dan karena mereka dipelihara oleh ratu, mereka tumbuh besar sampai mereka menjadi kepompong. Pupa dari beberapa spesies akan berputar kepompong dan sebagian lagi tidak. pupa akan berkembang menjadi seorang pekerja dewasa. ratu sepenuhnya bergantung pada cadangan makanannya, maka besar, gaster bengkak. Ini disebut gaster physogastric. Para pekerja dewasa generasi pertama yang sedikit lebih kecil dari generasi berikutnya dan mereka disebut nanitics. Siklus hidup semut diwakili pada ilustrasi di bawah. Hal ini penting untuk kiper semut untuk memahami siklus ini. Dalam rangka untuk memulai koloni, kiper semut harus menangkap ratu baru dikawinkan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang bahwa dalam artikel saya tentang bagaimana memulai sebuah coloni semut.



Anda mungkin telah memperhatikan bahwa para pekerja, perempuan dan laki-laki semua terlihat berbeda. Jika Anda ingin menangkap ratu, Anda harus dapat mengenalinya. Seorang ratu dapat dengan mudah terlihat karena dia biasanya jauh lebih besar dari pekerja. Namun dalam beberapa spesies, ratu adalah hampir ukuran yang sama sebagai pekerja. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana mengenali ratu tanpa hanya melihat ukuran tubuhnya. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat alitrunk (thorax), yang merupakan kebesaran dibandingkan dengan alitrunk seorang pekerja. Bandingkan dada ke kepala semut: thorax Ratu adalah lebih besar dibandingkan dengan kepala daripada thorax pekerja.

Tingkah laku
Semut menunjukkan beberapa perilaku yang sangat menarik. Saya akan menulis banyak posting pada perilaku semut, sehingga bagian ini akan menjadi singkat. Karakteristik perilaku yang paling menonjol dari semut adalah karena karakter sosial mereka. Semut membangun sarang dan cara mereka melakukan hal ini sangat bervariasi antar spesies. Beberapa Sarang Semut dalam biji, beberapa menggali kota bawah tanah raksasa, beberapa membangun sarang mereka di pohon dengan melipat bersama-sama daun, dan beberapa bersarang di pohon berlubang. Karena kemungkinan tidak terbatas dan semut mengeksploitasi mereka semua.

Karakteristik lain yang beredar adalah cara semut berkomunikasi. Mereka menggunakan feromon untuk berkomunikasi atau meninggalkan jejak yang mengarah ke sumber makanan. Ini adalah sistem yang sangat efisien, tetapi kode ini juga mudah retak oleh spesies lain untuk parasit pada koloni tuan rumah.

Beberapa spesies hanya berisi satu queen per koloni (hal beristri satu orang) dan beberapa spesies mengandung beberapa ratu per koloni (poligini). Hal ini penting bagi kiper semut untuk mengetahui spesies apa yang monogynic dan apa spesies yang polygynic, sehingga ia dapat memperhitungkannya ketika memulai sebuah koloni.

perilaku semut lain terlalu luas untuk membahas dalam artikel ini, jadi jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hal ini, saya akan menyarankan untuk memeriksa arsip ini blog tentang perilaku semut.

Terminologi
Penjaga semut harus menyadari beberapa terminologi dasar yang akan berguna dalam hobi. Di bawah ini adalah kumpulan terminologi semut.


Formicidae: keluarga taksonomi yang semut milik
Hymenoptera: urutan taksonomi yang semut, tawon dan lebah milik
Eusocial: berarti 'real sosial', menggambarkan terorganisir, sifat sosial dan koperasi semut
Gyne: perempuan mereproduksi atau ratu koloni
Thorax: atau alitrunk, bagian tengah tubuh serangga, antara kepala dan perut
Perut: atau gaster, bagian posterior dari tubuh serangga
Tangkai daun: node antara dada dan perut
Exoskeleton: kerangka eksternal keras semut dan serangga lainnya
Feromon: faktor kimia terekskresi memicu respon sosial pada semut
Alate: individu mereproduksi dalam semut, perempuan dan laki-laki
penerbangan perkawinan: yang mengerumuni semut untuk mereproduksi
Telur, larva, pupa dan dewasa: tahapan yang berbeda dalam siklus kehidupan semut
Physogastry: fenomena dari gaster bengkak terlihat dari semut
Nanitic: generasi pertama dari pekerja yang sedikit lebih kecil dari generasi berikutnya
Hal beristri satu orang: fenomena spesies dengan koloni yang hanya berisi satu Ratu
Poligini: fenomena spesies dengan koloni yang berisi beberapa ratu

Sekarang Anda tahu beberapa biologi semut dasar. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, saya akan merekomendasikan buku 'Perjalanan ke Semut' oleh Wilson dan Hölldobler. Ini adalah buku yang bagus untuk memulai dengan. Ada buku-buku yang lebih lengkap tersedia di luar sana (seperti Pulitzer Harga pemenang 'The Ant' dari penulis yang sama), tapi ingat bahwa mereka bertujuan untuk akademisi.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment